Perawatan Kesehatan Pekerja dan Penyakit Tuberculosis (Tuberkulosis/Tbc)

Bagaiamana kita dapat melindungi diri dari tertular penyakit tuberculosis?
Merupakan hal penting untuk mengetahui pasien mana saja yang terkena penyakit tuberculosis. Anda atau siapapun termasuk pekerja di rumah sakit (perawat, dokter atau tenaga kesehatan dan non kesehatan lainnya) dapat tertular penyakit ini melalui droplet yang dikeluarkan pasien melalui batuk dan terhirup oleh para pekerja rumah sakit atau orang lain. Pasien yang terinfeksi tbc mempunyai gejala-gejala seperti batuk kronis (lebih dari satu minggu, berlendir atau berdahak, sampai dengan batuk yang mengeluarkan darah), berat badan turun, demam dan berkeringat pada malam hari.

Jika anda bekerja pada area dimana terdapat pasien dengan infeksi tuberculosis, maka gunakanlah masker sebagai alat pelindung dari ancaman terinfeksi melalui droplet yang tersebar diudara bebas yang dikeluarkan pasien melalui batuknya. Juga pada pasien perlu diberikan masker dan lakukan isolasi dari pasien lainnya dalam ruangan khusus. Perlu juga untuk menjauhkan mereka dari ruang tunggu atau tempatkan mereka pada ruang isolasi tertentu yang sudah di setting di rumah sakit.

Anda dapat juga mengurangi resiko dari terkena penyakit tuberkulosa dengan makan sehat, cukup tidur dan latihan olah raga teratur, hal-hal tersebut dapat menjaga dan memelihara sistem kekebalan tubuh anda.

Bagaimana kita mengetahui jika kita sudah terkena tuberculosis (tbc)?
Sebagai seorang pekerja dibidang perawatan kesehatan, anda sebaiknya melakukan skin test untuk tuberculosis sekali atau 2 kali dalam satu tahun. Test atau pemeriksaan tersebut dapat menentukan jika seseorang telah terinfeksi bakteri yang menyebabkan tuberculosis atau tbc, tetapi pemeriksaan skin test saja tidak cukup untuk menyatakan apakah itu merupakan infeksi tuberkulosis yang aktif atau non aktif. Jika anda mempunyai penyakit-penyakit dan mengkonsumsi obat-obat tertentu, anda mungkin memerlukan pemeriksaan skin test untuk mendapatkan hasil yang akurat dan pasti.

Apa arti dari skin test tuberculosis yang positif?
Jika pada reaksi skin test tuberkulin menunjukkan hasil positif, hal itu biasanya berarti bahwa seseorang yang dilakukan pemeriksaan tersebut telah terinfeksi bakteri tuberculosis. Akan tetapi, ada suatu yang lebih baik, 90 % peluang sistem kekebalan tubuh akan menekan infeksi tersebut. Pada saat sistem kekebalan tubuh melakukan pekerjaannya dalam menekan infeksi, tuberculosis akan tetap berada dalam status dormant (tidur/tidak aktif/tuberculosis non aktif) selama bertahun-tahun. Buruknya, status tidak aktif itu akan secepatnya berubah kedalam status tuberculosis aktif yang dapat berakibat pada buruknya kesehatan dan rusaknya organ tubuh seperti paru-paru dan menjadi bersifat infeksius atau menular.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, diperlukan pengobatan yang tepat untuk mengobati tuberculosis. Setelah pemeriksaan skin test tuberkulosis menunjukkan hasil positif, akan dilakukan juga pemeriksaan sinar x pada dada/thorak (bagian paru-paru) untuk memastikan bahwa anda tidak mengalami tuberculosis yang aktif. Jika pada pemeriksaan sinar x menunjukkan hasil negatif dan hasil skin test tuberculosis menunjukkan positif, penderita akan mendapatkan obat anti tuberculosis selama 6-9 bulan. Obat-obat anti tuberculosis digunakan untuk mencegah terjadinya pengaktifan infeksi dimasa mendatang sehingga menjadi tuberkulosa aktif. Penderita tidak akan menjadi sumber penular dan menularkan kepada orang lain, keculai jika penderita dalam status tuberkulosa aktif dan tidak mendapatkan pengobatan.

Hasil pemeriksaan skin test tuberculin yang negatif berarti anda tidak terkena bakteri tuberculosis (kecuali penderita dengan status HIV positif atau mengalami gangguan pada kekebalan yang lain.

Apa artinya penderita dengan tuberculosis aktif (tbc aktif)?
Jika seseorang dengan pemeriksaan skin test positif dan dalam pemeriksaan radiografi dada yang hasilnya abnormal atau terdapat gejala-gejala dan tanda penderita tbc, maka penderita tersebut akan diobati sebagai penyakit tuberculosis aktif. Pada saat penderita terdiagnosa sebagai tbc aktif, maka penderita tersebut dapat menularkan penyakit tbc ke orang lain (status infeksius). Penderita dengan status aktif mungkin akan mendapatkan pengobatan dengan 3-4 macam obat selama 9-12 bulan secara terus menerus.

Penderita perlu menjaga dan mencegah kontak yang terlalu dekat dengan anggota keluarga anda , teman atau orang-orang disekitar anda untuk mencegah penularan ke orang lain karena status penderita dengan tbc aktif yang dapat menularkan ke orang lain. Penderita juga akan diistirahkan untuk sementara waktu dari pekerjaannya sampai status penderita tidak mungkin lagi dapat menularkan ke orang lain, yang biasanya memakan waktu sampai beberapa minggu. Tbc aktif sangat sedikit dijumpai dalam infeksi tuberculosis, hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang dapat menekan bakteri dan segera mendapatkan obat anti tuberkulosa sehingga tidak menjadi tbc yang aktif

Jika penderita telah mendapatkan vaksinasi bcg (bacille Calmette-Guérin), perlukah dilakukan pemeriksaan skin test tuberkulosis?.
Jawabnya adalah ya, penderita sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan skin test. Vaksinasi bcg tidak secara 100 % memberikan perlindungan, jadi penderita tetap dapat terkena infeksi tbc meskipun mereka sudah mendapatkan vaksinasi BCG. Vaksin ini tidak direkomendasikan secara umum untuk para pekerja yang bekerja pada tempat layanan perawatan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, klinik pengobatan, klinik bersalin dan tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Jika anda mendapatkan vaksin bcg untuk mencegah penyakit tbc, anda sebaiknya tetap perlu dilakukan pemeriksaan skin test. Biasanya, reaksinya akan berat dari waktu ke waktu. Jika hasil reaksi menjadi lebih hebat, anda mungkin sudah tertular penyakit TBC dan akan memerlukan pengobatan dengan obat anti tbc.

Apa yang harus dilakukan oleh para pekerja di tempat pelayanan kesehatan jika pasien yang dirawat adalah pasien dengan penyakit tuberculosis aktif?
Jika anda berhadapan langsung dengan pasien tbc aktif, anda sebaiknya mempunyai pemeriksaan skin test tuberkulin dasar (kecuali jika saat ini anda telah mempunyai tets tbc tahunan). Ini sangat penting khusunya bila: penyakit tidak dapat diketahui dengan pasti statusnya, pasien yang terinfeksi tidak dilakukan isolasi dalam ruang isolasi atau masker pelindung tidak digunakan. Perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan dalam tiga bulan yang akan menunjukkan jika paparan dengan penderita mengakibatkan infeksi atau penularan.

Jika anda (pekerja) dalam pemeriksaan skin test positif perlukah berlanjut dengan skin test?
Sekali saja pemeriksaan skin test positif, anda tidak perlu melanjutkan test pemeriksaan skin test. Merupakan hal penting untuk mengidentifikasi dan melihat pada gejala-gejala yang timbul untuk menentukan jika anda mempunyai tbc yang aktif. Anda sebaiknya mendapatkan pemeriksaan sinar x pada thorax (dada) jika anda mempunyai gejala batuk-batuk yang terus-menerus selama 2-3 minggu, berdahak (lendir) dan terdapat darah didalamnya, demam, kehilangan berat badan. Pemeriksaan sinar x thorak secara rutin tahunan pada umumnya tidak diperlukan.

Jika anda (pekerja) dengan skin test positif, Perlukah untuk menggunakan tindakan pencegahan?
Beberapa orang mempunyai pendapat, sekali saja mereka terinfeksi dengan bakteri penyebab tbc (tuberculosis), mereka tidak perlu mengambil tindakan pencegahan atau memakai masker saat berhadapan dengan penderita tuberculosis lainnya. Akan tetapi, telah ada beberapa sampel kejadian dari orang-orang yang terinfeksi kembali dengan jenis tbc tipe baru yang lebih berat. Jadi sebaiknya ambil tindakan-tindakan untuk pencegahan

~ by Na2nk on January 16, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: